Taare Zameen Par-Setiap Anak Adalah Spesial

Posted: October 18, 2011 in Cinema

Film India lagi…

Taare Zameen Par-Setiap Anak Adalah Special-Every Children Is Special

Sebuah film yang disutradarai oleh “Aamir khan”, dan dirilis tahun 2007 silam ini ditulis oleh Amole Gupte, dan diproduksi melalui Aamir Khan Productions. Film ini dibintangi oleh : Ishaan Nandkishore Awasthi (Darsheel Safary) yang tampangnya mirip-mirip Kipli gitu deh, atau mirip dengan ronaldikin, eh …ronaldino, karena gigi kelincinya yang dominan dari gigi yang lain. Ga percaya..?nie pantengin photonya…awas jatuh cinta…!

 Film ini berkisah sederhana, tentang perjuangan seoran anak yang menderita Disleksia, atau kelainan pada seseorang yang menyebabkan seseorang sulit untuk belajar menulis atau membaca. yang pengen tahu tentang penyakit  dyslexia, bisa lihat wikipedia.

Any way, Ishaan ini mengalami kesulitan belajar, karena sulit memahami huruf-huruf (kebolak-balik) sehingga semua mata belajarnya jeblok. Parahnya lagi, Kakaknya juara kelas yaitu Yohaan (Sachet Engineer) dan menjadi kebanggaan kedua orang tuanya, sehingga ia selalu dibanding-bandingkan. Dengan tekanan dari sekolah dan kedua orang tuanya, dia harus tinggal kelas, dan akhirnya pindah sekolah.

Titik balik film ini dimulai pada saat dia harus pindah ke asrama, dimana semua pelajaran di sampaikan dengan disiplin tinggi. Untuk seorang anak yang “Tidak Biasa” ini sangat berat. Apa lagi, orang tuanya kurang memahami masalah anaknya. Karena Mereka mengira si Ihsaan ini hanya malas belajar.

Setelah pindah di asrama, untungnya dia bertemu dengan guru seni Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan) yang masa kecilnya juga mengalami “dyslexia” sehingga dia merasa tidak sendiri. Apa lagi kemudian dia mengilustrasikan beberapa orang besar seperti Albert Einstein, Leonardo Da Vinci, dan dirinya sendiri, yang mengalami masalah yang serupa tetapi mampu ber prestasi dan mengubah dunia.

Perlahan kepercayaan dirinya kembali, dengan bantuan gurunya pula dia belajar membaca dan menulis dengan metode yang berbeda. Pada akhirnya, Ihsaan yang suka melukis ini menjadi juara, mengalahkan gurunya didalam sebuah kompetisi melukis disekolahnya.

Kira-kira begitulah kisah film Taree Zameen Par ini. Bagi yang suka film Romanza, jangan berharap akan ada kisah cinta yang berliku disini. Film ini murni DRAMA, konflik yang terjadi adalah konflik keluarga. Seperti layaknya film hindustan, musik difilm ini lumayan bagus dan modern, namun kurang mengena secara kultur hindustan.

Any way,,,film ini termasuk mengharukan, untuk yang gampang tersentuh. Tapi berhubung plot film beginian rata-rata seragam, dalam beberapa adegan saya sudah bisa menebaknya.

 

Namun, ada yang bisa diambil dari filmn ini. Pelajaran bagi orang tua yang sedang belajar mendidik.

 

“Janganlah kau perlihatkan dunia dari sudut pandang Mu, Tapi cobalah memahami dunia dari sudut pandang Mereka”

“Ya, Setiap Anak Itu Sangat Spesial, Dan Mereka Layak Untuk Diperlakukan Dengan Spesial”

———————————————————————————————————————————————————-

Dikumpulkan dari : Wikipedia

Untuk kepentingan Edukasi dan Informasi

By : Gepenx 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s