Remote sensing (Penginderaan Jauh)

Posted: March 26, 2011 in Edukasi Dan Pendidikan, Komputer dan TI

ada yang tahu Penginderaan jauh? Inderaja? atau Remote sensing?

Yup, Ini artinya mengindera dari jauh,

Apakah meraba-raba dari jauh..?ih kurang kerjaan banget…

Ups, Jangan ngeres dulu …Check this Out !

Penginderaan Jauh merupakan ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang  suatu obyek, daerah, atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa kontak langsung dengan obyek, daerah, atau fenomena yang dikaji. (Lillesand & Kiefer 1990) Peranan penginderaan jauh dalam penelitian ini sebagai sumber data sekaligus metode analisis untuk mengidentifikasi suatu obyek atau fenomena dengan media citra penginderaan jauh.

Sistem penginderaan jauh tersusun atas proses pengumpulan data dan analisis data, untuk proses pengumpulan data terdiri atas; (1) sumber energi, (2) perjalanan energi melalui atmosfer, (3) interaksi energi dengan kenampakan dimuka bumi, (4) sensor wahana, (5) hasil pengumpulan data, sedangkan untuk proses analisis data terdiri dari; (6) pengujian data dengan alat interpretasi, (7) representasi informasi, (8) proses pengambilan keputusan. Berdasarkan perkembangannya penginderaan jauh konvensional berubah ke penginderaan jauh digital, sehingga citra konvensional dapat diolah sedemikian rupa untuk memudahkan dalam analisis spasial, yang kemudian dikenal pemrosesan citra digital dan sistem informasi geografi yang termasuk dalam sistem penginderaan jauh yaitu pada proses analisis data.

Prinsip dari penginderaan jauh adalah dimana masing-masing obyek mempunyai karakteristik yang berbeda dalam memantulkan energi yang berbeda pula, hal ini dipengaruhi oleh jenis filter dan panjang gelombang yang digunakan, kondisi permukaan, dan benda itu sendiri. Berikut adalah kurva pantulan dari obyek tanah, rumput, dan air keruh,  yang sering digunakan untuk pedoman dalam pemilihan saluran yang akan digunakan terhadap obyek yang akan dikaji. (ini yang dimaksud kurva pantulan pada sinar tampak).

Standar kualitas citra sering dikenal sebagai resolusi (resolving power = daya pisah) adalah kemampuan suatu sistem optik untuk membedakan informasi yang secara spasial berdekatan atau secara spektral mempunyai kemiripan. (Swain & Davis, dalam Projo Danoedoro, 1996). Dalam konsep resolusi dikenal resolusi radiometrik, resolusi spektral, resolusi spasial, dan resolusi temporal, dimana semuanya sangat perlu diperhatikan dalam penggunaan sistem penginderaan jauh.

  1. Resolusi spasial

Merupakan ukuran terkecil obyek yang masih dapat dideteksi oleh sistem pencitraan, dimana resolusi spasial sering dijabarkan dalam bentuk piksel (picture element) yang dalam kenyataannya satu piksel bukan merupakan single obyek, akan tetapi merupakan memuat informasi dari beberapa obyek.

  1. Resolusi spektral

Merupakan kemampuan suatu sistem optik-elektronik untuk membedakan informasi (obyek) berdasarkan pantulan atau pancaran spektralnya. Hal ini terkait dengan kemampuan sensor untuk merespon spektral yang dipantulkan obyek, semakin rapat julat panjang gelombang maka semakin tinggi resolusi spasial yang dimaksud.

  1. Resolusi radiometrik

Merupakan kemampuan sensor untuk mencatat respon spektral obyek, yang biasanya dinyatakan dalam satuan mWatt cm-2 sec1 µ-1 datang mencapai sensor dengan intensitas yang bervariasi. Sensor yang peka dapat membedakan selisih respons yang paling lemah sekalipun, dimana kemampuan ini sering dikaitkan dengan digital coding, yaitu mengubah intensitas pantulan atau pancaran spektral menjadi angka digital.

  1. Resolusi temporal

Merupakan kemampuan suatu sistem untuk merekam ulang daerah yang sama, dan sering dinyatakan dalam jam atau hari. Resolusi ini sering disebut dengan periode ulang.

Nah Loh, terus aplikasi Dan manfaatnya apa dong.?

Ya banyak lah, karena kita bisa melihat secara global, terhadap suatu obyek (permukaan bumi) maka berbagai analisis kebumian dapat di mungkinkan.

Semoga bermanfaat..

 

——————————————————

Dikumpulkan dari berbagai sumber

hanya untuk kepentingan edukasi dan informasi

by : gepenx 2011

 

Comments
  1. rahmat says:

    okeh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s