Program Arc View dan Fungsinya Dalam GIS-(2)

Posted: March 14, 2011 in Edukasi Dan Pendidikan, Komputer dan TI

Pada post ini, akan diinformasikan beberapa dasar penggunaan arcView yang merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya Program Arc View dan Fungsinya Dalam GIS-(1).

Sebelumnya sudah dijabarkan tentang bagian-bagian ArcView dan fungsinya masing-masing, melanjutkan hal tersebut pada bagian ini akan dijelaskan tentang fungsi-fungsi ArcView sedikit lebih detil.

View Window, dalam terdiri dari Menu, button, Tool, dan Table Content yang sudah umum seperti pada program grafis umumnya.

Pertama kali dalam hal pemetaan adalah menetukan skala, yaitu Ukuran perbandingan obyek dilapangan dengan di komputer. caranya adalah :

  1. Pada menu View, pilih Properties maka akan muncul kotak dialog View Properties
  2. Pada kotak Map Units isikan Meters, yang akan menunjukkan satuan koordinat spasial
  3. Pada kotak Distance Unit isikan Km, yang merupakan satuan yang akan ditampilkan ArcView dalam pengukuran dan dimensi selama bekerja dengan view tersebut

Menu, merupakan drop down menu yang berisi fungsi-fungsi penggambar, dan setting layer peta. dan tool berisi fungsi detil tentang penggambaran, pekerjaan editting, dan sebagainya.Berikut ini adalah fungsi menu dan tool bar.Perbedaan dengan Program gambar laen, ArcView menggambar bardasarkan layer. Sehingga untuk editting layer, kita harus membuat layer nya terlebih dahulu baru melakukan editting. ayer dalam ArcView Disebut “Theme”.

Tiap theme bisa diubah simbolnya dari menu edit, yaitu menu simbolisasi obyek, baik poligon, titik, atau garis. menu tersebut seperti gambar berikut :

selanjutnya, bila atributnya sudah dibuat. Maka simbolisasi berdasarkan atribut juga bisa dilakukan, yaitu dengan Double klik tiap Theme, maka menu simbolnya adalah seperti dibawah ini.

dengan berbagai macam Theme (poligon, Titik, atau Polyline) dan atribut/ sibolisasi yang bermacam-macam maka penampakan muka bumi yang terpetakan bisa di susun sedemikian rupa dalam view. untuk analisis tingkat lanjut seperti spasial analisis, image analisis, network analis, atau 3D analis. berikut contoh theme tersusun yang sudah jadi.

Gampang Kan..?

Belajar membuat kita pintar,..

Pengen tahu model input tabel dan Atribut dari Arc View.?

Tunggu Posting selanjutnya…

———————————————-

Pembaca Yang Baik Meninggalkan Comment.

Dikutip dari berbagai sumber.

Untuk kepentingan Edukasi dan Informasi

By : Gepeng 2011

Comments
  1. YouNie AZa says:

    Thank’s infonya, saya ijin jadikan referensi gambarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s