Pantai Wediombo-Gunungkidul

Posted: March 3, 2011 in Wisata Dan Travelling

WEDIOMBO..??apa itu..?

Dalam bahasa jawa :

Wedi artinya Pasir, Ombo artinya luas…Hamparan pasir yang luas…Benarkah..?

Let’s Check This Out…

Pantai Wediombo berada di Desa Jepitu-Balong, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Wediombo terletak di koordinat 468000 mT dan 9095000 mU. Gambar berikut menunjukkan lokasi dari pantai Wediombo.

Sumber : Peta RBI

Pantai Wediombo berupa teluk yang luas, dimana dikelilingi oleh perbukitan Karst, sehingga terumbu karang ditemui juga dipantai ini. Meskipun begitu, dipantai Wediombo juga ditemukan batuan-batuan yang berasal dari aktivitas vulkanik, Gunung Batur pada sebelah barat laut pantai ini. Kondisi seperti ini disebut dengan istilah ”Pseudo Karst” atau pantai karst yang semu, karena terumbu karang hanya pada bagian permukaan saja, sedangkan dibawahnya merupakan bentukan asal vulkan.

Bentuk lahan yang ada di Pantai Wediombo adalah : (1) bentang alam laut; (2) bentang alam bukit intrusi; (3) bentang alam pantai lava; (4) bentang alam bergelombang breksi; dan (5) bentang alam karst. Gambar berikut menunjukkan bentuk lahan yang terdapat pada Pantai Wediombo.

Stratigrafi kawasan Wediombo umumnya disusun oleh batuan Formasi Wuni dan Formasi Wonosari-Punung. Secara geologi permukaan di lapangan menunjukkan adanya empat satuan batuan, sedang penamaannya mengacu pada Sandi Stratigrafi Indonesia (Martodjojo dan Djuhaeni, 1996). Tiga satuan batuan gunung api (lava, breksi, dan intrusi) membentuk khuluk gunung api, dan satu satuan batuan karbonat. Gambar diatas menunjukkan Peta Geologi Wilayah Pantai Wediombo.

Wediombo terletak pada bagian selatan Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan Wediombo termasuk daerah paling timur Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berbatasan dengan Jawa Tengah.

Pantai Wediombo berada di Daerah yang merupakan pegunungan sehingga kekurangan air menjadi sumber masalah bagi kehidupan sehari-hari penduduknya. Rata-rata hari hujan per bulan di Kecamatan Giri Subo adalah 6 mm dari total 70 mm (Tahun 2004) dan curah hujan per bulan 128 mm (2004). Di kawasan Wediombo sendiri masalah kekurangan air agak teratasi karena adanya mata air Puring yang cukup melimpah sumber airnya sehingga dapat mencukupi kebutuhan air sehari-hari di beberapa dusun di kawasan ini.

Kawasan pantai Wediombo di kelilingi oleh pegunungan karst dengan ditumbuhi oleh banyak sekali vegetasi tumbuhan keras. Lahan pertanian cukup luas didaerah ini karena memang sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Adanya pegunungan karst mengakibatkan terbentuknya beberapa gua-gua dan beberapa sungai bawah tanah yang merupakan karakteristik khas topografi karst.

Kawasan Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Giri Subo, sekitar 40 km arah tenggara kota Wonosari dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Pantai ini memiliki pasir putih yang disukai kebanyakan wisatawan ditambah dengan bentuk pantainya yang berbentuk teluk dan landai. Wisatawan dapat menikmati panorama sunset dari pinggir pantai sambil menikmati sejuknya udara pantai. Bagi wisatawan yang suka memancing dapat dilakukan di pantai ini sambil menikmati panorama pantai lainnya. Selain menampilkan keindahan pantainya kawasan ini juga mempunyai beberapa obyek wisata lainnya yaitu seperti gua, hutan alam, camping ground dan kawasan konservasi satwa liar.

————–

Ditulis untuk kepentingan edukasi, dan non komersil.

Dikumpulkan dari berbagai sumber.

by : gepenx 2011

Comments
  1. arabinho says:

    Wediombo,
    wedi = takut; ombo = luas,
    berarti phobia tempat2 luas,
    lho ?
    hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s