Pantai Kukup-Kabupaten Gunungkidul

Posted: February 21, 2011 in Wisata Dan Travelling

Sedang Di Yogyakarta..?

Pengen Jalan-jalan..? selain Pantai Parantritis..?

Pantai Kukup..?Mana itu..?

Pasir Pecahan Terumbu Karang Pantai Kukup

Pantai Kukup berada sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari. Dan berada disebelah timur dengan pantai baron (berbatasan langsung). Letak pantai Kukup ada di desa kemadan Kecamatan Tanjungsari.

Di pantai ini terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Dari atas pulau karang ini kita bisa melihat indahnya hamparan pantai yang sangat luas disertai deburan ombak yang cukup besar. Meskipun siang hari, jika berada di pulau karang ini akan terasa sejuk karena angin yang bertiup cukup kencang.

Pantai Kukup memiliki topografi yang tergolong berombak (undulating) dengan kemiringan lereng pantai atau gisik sebesar 6,74° atau 11,8% yang termasuk ke dalam kelas lereng datar bergelombang. Pantai Kukup memiliki jenis batuan gamping dengan tingkat pelapukan fisik sedang hingga kuat. Dengan jenis batuan dasar berupa gamping, tanah yang terbentuk di pantai ini termasuk jenis Mediteran.

Jangkauan pasang surut litoral yang panjang memberikan kesempatan banyak energi gelombang laut yang kuat untuk mengikis pantai. Energi  tersebut berasal dari hempasan gelombang laut yang pecah di pantai pada breaker zone yang tidak terlalu jauh jaraknya dari garis pantai. Gelombang tersebut tidak lepas dari kontribusi angin. Energi gelombang di Kukup, termasuk kuat dipengaruhi oleh angin dengan kecepatan berkisar 44,2 m/det, 69 m/det dan 43.9 m/det.

Kondisi air laut di sekitar pantai Kukup memiliki salinitas air laut sekitar 33%. Suhu air laut di perairan pantai Kukup berkisar antara 32°– 35° C. Suhu air perairan yang terlindung oleh pulau-pulau karang lebih rendah dibanding dengan suhu air di perairan yang terbuka. Derajat keasaman air laut di perairan pantai Kukup adalah sebesar 9.

Besar butiran sedimen pantai, merupakan hasil bentukan dari sedimentasi materi yang diendapkan sungai bawah tanah yang bermuara ke pantai dan hasil pengikisan laut. Besaran butir dari pantai kukup kasar dan cerah, karena merupakan murni pecahan terumbu. Warna butir sedimen Pantai Kukup cerah disebabkan oleh ketiadaan muara sungai. Dengan demikian butir sedimen lebih banyak berasal dari kikisan dasar laut. Di sana masih dijumpai butir sedimen yang berwarna hitam namun jumlahnya sangat sedikit (minoritas), terutama pada sampel sedimen yang diambil dekat dengan karang pantai. Hal ini juga menunjukkan bahwa butir sedimen yang dekat dengan cliff berasal dari hasil kikisan tebing pantai tersebut. Pantai Kukup dikelilingi oleh perbukitan Karst dan  dan tidak ada sungai yang bermuara dipantainya.

Kukup juga memiliki kesempatan untuk menambah pendapatan dengan menjadi penjual souvenir pariwisata pantai serta fasilitas penunjang pariwisata lainnya seperti restoran atau rumah makan, penginapan atau resort dan lainnya. Banyak nelayan di pantai Kukup yang sengaja menangkap biota laut yang terjebak di karang-karang ketika pantai surut. Biasanya biota ini memiliki kondisi fisik yang cantik dengan warna-warna yang bervariasi seperti ikan, bintang laut, dan bulu babi.

Keberadaan karang pantai menjadi habitat yang baik bagi rumput laut didukung pula dengan kondisi kimia air laut pada pantai ini, cocok untuk budidaya rumput laut. Pantai Kukup juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber budidaya rumput laut. Namun pemanfaatan rumput laut saat ini tidak maksimal, dan pemanenannya masih menggunakan alat yang dapat merusak substratnya yaitu karang. Oleh karena itu hendaknya pemanfaatan pantai sebagai budidaya rumput laut dapat diusahakan agar lebih maksimal lagi dengan menerapkan metode pengembangan budidaya rumput laut dengan alat pemanen yang tidak merusak karang sebagai substrat rumput lautnya.

Pengen Kesana…?

Jangan tunggu lama, cukup bagus koq…

 

Pembaca yang baik meninggalkan Comment.

Dikumpulkan dari berbagai Sumber

By : Gepenx 2011

Comments
  1. amir diver says:

    trimakssih ats informasinya insyaalllah kami akan tambah informasi lebih lengkap kemudian setelah survey underwater kami mau nyelam disana berapa kedalaman ya.. tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s