Keindahan Pantai Baron

Posted: January 23, 2011 in Wisata Dan Travelling

Lokasi Geografis

Pantai Baron berbatasan dengan Pantai Kukup disebelah Timurnya. Pantai baron berada di Koordinat 450097 mT dan 9101255 mU, sedangkan pantai Kukup di Koordinat 450858 mT, dan 9100700 mU.

Sumber : Peta RBI

Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, dengan luas lahan sekitar 15 ha. Kawasan Pantai Baron meruapakan satu rangkaian kawasan Pantai Kukup, Krakal, Sundak, Sepanjang dan Drini yang terdapat di Kecamatan Tanjungsari. Keenam pantai dapat dicapai secara berurutan karena telah ada jalan kabupaten yang dibuat menyusurinya. Jarak tempuh terdekat dari pusat kota Yogyakarta adalah pantai Baron yaitu 62 km, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dan dari Wonosari 22 km.

Pantai Baron Bentuknya menjorok ke darat (teluk) dan memiliki muara sungai. Kemiringan lereng pantainya datar bergelombang. Hal itu membuat morfologi pantainya memiliki dinamika yang cukup tinggi. Keberadaan muara sungai memberikan pengaruh yang cukup kuat pada karakteristik sedimen pada pantai dan aliran sungai yang menuju samudera. Pengaruh ombak dan tidak terdapatnya halangan pada pantai (barrier) membuat Pantai Baron sangat mudah tererosi walaupun dengan tenaga yang jauh lebih kecil sebagai akibat lereng gisik pantai yang landai. Kecuraman lereng pantai mempengaruhi jangkauan pasang surut litoral. Di pantai Baron jangkauan litoralnya sangat jauh (61 m), karena lerengnya paling landai.

Pantai Baron berupa teluk yang cukup luas dengan ekosistem pantai berpasir, yang dikelilingi oleh bukit batu kapur. Bukit di sebelah sisi Timur terdapat jalan setapak yang menghubungkan pantai Baron dengan pantai Kukup di sebelah Timur.

Sumber : Google Earth

Bukit tersebut dilengkapi dengan gardu-gardu pandang yang biasa digunakan oleh para pengunjung untuk menikmati keindahan laut di sekelilingnya. Dari bukit ini pula, para pengunjung dapat menuju ke Pantai Kukup melalui jalan  setapak yang melingkar di sekeliling bukit. Di sana juga terdapat banyak tempat istirahat (bedeng-bedeng) milik pedagang. Pada sisi barat pantai Baron, terdapat muara sungai bawah tanah yang merupakan salah satu muara sungai bawah besar dari sistem hidrologi karst Wonosari. Jumlah air keluaran yang cukup besar mempengaruhi salinitas perairan di sekitar

Sungai ini biasa digunakan oleh pengunjung untuk pemandian setelah bermain di air laut. Saat ini air tawar di sungai bawah tanah tersebut sedang dieksploitasi oleh kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang untuk penyediaan air bersih di Kabupaten Gunungkidul.

Teluk Baron

Keberadaan muara sungai bawah tanah di bagian utara pantai Baron juga berpengaruh pada salinitas dan derajat keasaman air laut. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya salinitas adalah yang terkecil. Pada muara sungai ini terjadi pertemuan antara air tawar dari sungai dengan air laut. Kondisi salinitas berangsur semakin tinggi ke arah timur Pantai Kukup, Sepanjang, dan Drini.

Besar butiran sedimen pantai, merupakan hasil bentukan dari sedimentasi materi yang diendapkan sungai bawah tanah yang bermuara ke pantai dan hasil pengikisan laut. Besaran butir dari pantai baron berwarna gelap dan halus yang merupakan hasil sedimentasi sungai yang bermuara di pantai tersebut.

Pantai  Baron dibuka sejak 1980 dan merupakan pantai yang paling maju di antara beberapa pantai di Gunungkidul. Hal ini dikarenakan Baron merupakan salah satu pantai yang dikembangkan pertama kalinya oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sebagai tujuan wisata, dengan fasilitas yang relatif lebih lengkap jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Beberapa fasilitas yang sudah dikembangkan adalah tempat parkir yang luas, beberapa rumah makan, taman/ruang terbuka, tempat pelelangan ikan, pasar ikan, dan kamar mandi umum serta fasilitas lain.

Baron merupakan salah satu pantai yang menjadi ikon dari pantai-pantai yang ada di sepanjang pesisir Gunungkidul. Wisatawan yang datang ke Pantai Baron, selain untuk menikmati keindahan alam pantai, juga untuk membeli dan menikmati hasil laut berupa ikan segar yang dibawa oleh para nelayan yang baru berlabuh di pantai tersebut. Orang dapat membeli ikan di TPI dan memasaknya dengan menggunakan jasa warung-warung makan yang ada di sekitar kawasan pantai tersebut, untuk kemudian menikmatinya. Membeli ikan  dalam kondisi segar, merupakan salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Pantai Baron.

 

Energi gelombang di Pantai Baron, termasuk kuat dipengaruhi oleh angin dengan kecepatan berkisar 44,2 m/det, 69 m/det dan 43.9 m/det. Karena pengaruh gelombang yang kuat ini maka sering ditemui fenomena Hanging Wall atau Notch, yang merupakan hasil pengikisan terus menerus oleh gelombang. Kemudian, karena tak mampu menahan beban diatasnya, maka batuan gamping tersebut pecah dan jatuh, sehingga dipantai Baron ini ditemui karang-karan pecahan dinding yang menggantung.

Notch dan Hanging wall

Fasilitas-Fasilitas yang Ada di Pantai Baron

No

Macam Fasilitas Kondisi
A. Fasilitas Wisata  
1. Ruang parkir Mampu menampung bus, mobil dan sepeda motor. Lantai diperkeras dengan konblok
2 Ruang Terbuka Terdapat taman dan ruang duduk dengan kondisi tidak terawat
3 Masjid Berada di selatan ruang parkir dengan kondisi bangunan permanen dan mampu menampung 100 jamaah.
4 Akomodasi/ Penginapan Terdapat penginapan kelas melati dengan kondisi kurang terawat
5 Warung Makan Berada di kanan dan kiri ruang terbuka. Kondisi bangunan permanen dan semi permanen. Penampilan bangunan tidak teratur dan terkesan kumuh.
6 Kiosk Cinderamata Berada di bagian ruang terbuka, sehingga mengurangi area ruang terbuka. Kondisi bangunan semi permanen dan tidak terencana
7 Kamar mandi Umum Berada dekat dengan kompleks masjid. Bangunan permanen dengan air yang cukup memadai.
8 Pos Satpam dan restribusi Berada di depan.
     
B Sarana TPI
1 Pendaratan kapal kecil Berada di sepanjang pantai dengan lokasi menyebar. Tidak ada tempat khusus yang disediakan.
2 Bangunan TPI Berada di bagian utara ruang terbuka dengan luas bangunan 80 m2.
3 Ruang simpan balok es Berada dekat dengan bangunan TPI
4 Kantor TPI Berada dekat dengan bangunan TPI, dengan luas 30 m2.

 

melihat potensi wisata dan kekayaan panoramik Pantai Baron sangat disayangkan bila saat berkunjung ke Yogyakarta, tidak menyempatkan berkunjung Pantai Ini. Fasilitas yang cukup lengkap, akses yang relatif mudah membuat pengunjung terlayani dengan baik.

 

Dari Berbagai Sumber

Oleh : Gepenx 2011

Comments
  1. ardian says:

    pantai di Gunung kidul masih banyak yang bgus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s