Konversi Koordinat Geografis-UTM

Posted: August 31, 2012 in Edukasi Dan Pendidikan, Komputer dan TI
Tags: , ,

Salam olah raga jari, alias klik’ers, pengguna program pemetaan. Post kali ini saya tidak akan memberikan tips yang macem-macem atau rumit. Cukup yang mudah namun bermanfaat, Yaitu konversi koordinat.

Nah, koordinat adalah suatu sistem yang digunakan untuk menunjukkan suatu titik di Bumi berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Bagaimanapun juga,  menunjukkan suatu lokasi selalu relatif meskipun menggunakan koordinat. Kok begitu? tentu saja karena koordinat sendiri menggunakan datum sebagai titik ikat.

Koordinat di Indonesia ada beberapa yang populer. Antara lain :

a. Geografis, adalah sistem koordinat yang membagi bumi menjadi wilayah erdasarkan lintang dan bujur. Lokasi ditentukan berdasarkan Datum yang digunakan. Penunjukkan lokasi menggunakan dalam bentuk derajat.

b. UTM (universal Transverse Mercator), yaitu sistem yang membagi bumi (bulat) menjadi irisan jaring-jaring dengan sudut 6 derajat.  Sehingga serupa bola, ada 360 derajat yang dibagi 6 derajat. Berapa tuh..? pinter …60 Zona.  Ini yang disebut garis khayal Lintang. Kemudian untuk mendetailkan pemetaan, dibagi lagi secara membujur dengan besar sudut yang sama, sehingga zona nya dibagi menjadi zona (belahan bumi) utara dan selatan. Makanya pada koordinat geografis selalu dikenal Zona 49 S, 50 N, dsb. Info saja Pulau Jawa sebagian besar berada pada zona 49S.

Lebih detilnya pada masing-masing zona dibuat garis khayal yang menjadi pedoman penentuan lokasi. UTM di sajikan dalam bentuk m, yaitu Meter Timur dan Meter Utara.

c. TM3, sistem koordinat ini mirip dengan UTM. Bedanya zonanya dibagi oleh sudut 3 derajat, sehingga lebih detil. Proyeksi ini digunakan oleh Pemerintah DKI dan BPN.

Cukup teorinya, mudahnya dalam melakukan konversi koordinat bisa menggunakan ArcView, atau Arc GIS.

yang pertama pake ArcView.

1. tool yang dipakai pada arcview adalah ekstensi projection utillity wizard (maap kalo salah ketik).

2. Aktivkan saja di File>Extention>projection utillity wizard

3. Setelah aktif akan muncul menu baru di File>Arcview Projection Utillity. Klik menu tersebut.

4. Loading dulu, jangan khawatir. Selanjutnya, Akan muncul menu sebagai berikut.

jangan khawatir kalau ada error biasanya karena shp.file yang anda miliki belum berkoordinat.

 

 

 

 

5. Pilih dan browsing file yang mau dikonversi koordinatnya, jangan malu-malu kalau mau banyak sekalian tinggal tekan shift select.

6. Kemudian akan muncul menu yang benar-benar mirip, yang pertama adalah menentukan koordinat asli layer anda, yang kedua menentukanproyeksi koordinat anda yang baru. Menu yang saya maksud adalah gambar berikut.

7. Menu Step 2. ini menyuruh kita untuk menentukan jenis koordinat sistem, geografis atau terproyeksi.  Perhatikan juga Datumnya. Kalo Indonesia biasanya pake WGS 1984. Kalo peta anda sudah terproyeksi, berarti zona anda juga harus diketahui. Biar petanya terkonversi dengan benar.

 

8. Step 3 hampir mirip dengan step 2. Hanya saja untuk layer yang baru yang akan terkonversi.

9. Kalau udah klik OK, lalu akan muncul menu penyimpanan, browse, dan jadi deh.

10. sebagai info saja, konversi bisa dilakukan bolak-balik lo. Dari geografi ke UTM atau dari utm ke Geografi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Okeh, Tahap  dengan ArcView sudah selesai. Bagaimana dengan ArcGIS? Secara umum hampir sama. Kita harus menetukan koordinat layer kita dulu, baru menentukan koordinat lanjutan. Opsinya juga mirip. Cuma kalo pake ArcGIS menggunakan ArcTool box-Projection.

Bingung..?Biasanya ada di Arc Tool Box>Data Management Tools>Projection And Transform.

Nah untuk menentukan koordinat Layer awal, dengan menu Define Projection (hati-hati kerja anda, pake Raster/ vektor).

Nah Kalo mau konversi pake  Convert Coordinate Notation. Menu-menunya persis yang harus di isi, cuma ditampilkan dalam bentuk yang berbeda.

Nah Udah Dulu. Bukan mau Menggurui, saya tahu lebih banyak yang ahli.

Hanya Berbagi Ilmu.

———————————————————————-

By : Gepenx 2012

 

About these ads
Comments
  1. putra says:

    sip bgt infonya.tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s